Android Version Difference


Filed under: Android | Tags:
Android, Cupcake, Donut, Eclair, Froyo, Gingerbread |

Android adalah system operasi berbasis Linux yang khusus dipergunakan untuk ponsel, dikembangkan oleh Google bersama perusahaan-perusahaan lain yang tergabung ke dalam Open Handset Alliance (Intel, Nvidia, dan Texas Instrument) sejak tahun 2007. Karena berbasis Linux, system ini bersifat terbuka, dan gratis. Sejak tahun 2009, hingga saat ini (22 Agustus 2010), Google telah mengeluarkan 6 versi Android, di mana untuk memudahkan mengingat, masing-masing versi diberi dengan nama-nama makanan, seperti: Cupcake, Donut, Éclair, Froyo, dan Gingerbread.

Secara ringkas penjelasan dari masing-masing versi Android adalah sebagai berikut:

Versi 1.1
Dirilis pada 9 Febuari 2009, perbedaan dengan versi sebelumnya adalah user interfacenya lebih baik dan perbaikan beberapa aplikasi standar, seperti pengelolaan pesan dan alarm.

Versi 1.5, Cupcake
Pada versi ini yang menonjol adalah adanya efek-efek animasi, adanya fungsi rekam video serta fasilitas uploadnya ke situs YouTube.

Versi 1.6, Donut
Dirilis pada 15 September 2009, yaitu dengan adanya tambahan fasilitas koneksi jaringan terhadap CDMA dan EVDO dan juga dukungan WiFi.

Versi 2.0/2.1, Éclair
Rilis antara versi 2.0 ke 2.1 hanya berselang 1 bulan, yaitu Desember 2009 dan Januari 2010. Fitur tambahan pada versi ini adalah adanya dukungan terhadap Microsoft Exchange, modus layer sentuh, dan adanya wallpaper yang tampak hidup.

Versi 2.2, Froyo
Dirilis pada 20 Mei 2010, pada versi ini kinerja hardware terlihat lebih cepat, memungkinkan akses ke memory external, fitur WiFi yang memungkinkan dibuat menjadi hotspot, dan fungsi update otomatis ke Android Market.

Versi 3.0, Gingerbread
Versi ini direncanakan baru dirilis pada Oktober 2010. Pada versi ini ada beberapa tambahan aplikasi, seperti: peningkatan fungsi copy paste, resolusi yang lebih besar, adanya toko musik online di Android Market.

Dengan kemunculan Android saat ini, maka ponsel pintar saat ini yang tersedia di pasaran dibagi menjadi 4 kelompok besar, yaitu:
1. Blackberry, dengan system operasi Blackberry.
2. iPhone, dengan system operasi MacOS.
3. Nokia, dengan system operasi Symbian.
4. Ponsel-ponsel berbasis Android.

0 comments: