Rizla Suzuki akan meninggalkan ajang MotoGP 2011







Prestasi Team Rizla Suzuki MotoGP tak kunjung membaik juga. Suzuki menjadi team pabrikan yang paling terpuruk prestasinya. Team ini bahkan kesulitan untuk bersaing dengan team-team lain yang berstatus team satelit. Karena itu wajar jika Dorna selaku promotor MotoGP sempat ketar-ketir dengan kemungkinan Suzuki bakal meninggalkan MotoGP seperti halnya yang dilakukan oleh Kawasaki pada awal musim 2008 lalu. Namun manager team Suzuki, Paul Denning, memastikan Suzuki tetap akan ambil bagian pada MotoGP 2011 mendatang untuk menghabiskan kontraknya dengan penyelenggara MotoGP. Untuk selanjutnya, Denning belum bisa memberikan jawaban.

Pernyataan boss Suzuki tersebut tentunya disambut gembira oleh Dorna. Maklumlah, saat ini MotoGP mengalami krisis kontestan. Grid hanya diisi oleh 17 rider. Makanya sering terjadi jumlah rider yang menyelesaikan balapan kurang dari 15 rider (posisi finish terakhir yang dapat poin). Jika Suzuki mengikuti jejak Kawasaki meninggalkan MotoGP tentu keadaan akan semakin parah.

Segala daya upaya pun dilakukan Dorna agar Suzuki tetap bertahan. Usaha-usaha itu antara lain dengan memberikan “keistimewaan” untuk melanggar regulasi. Mengijinkan mengontrak Alvaro Bautista adalah salah satunya. Sementara team pabrikan lain dilarang mengangkat seorang rider rookie. Yang terbaru adalah Dorna mengijinkan pabrikan berlogo S itu melanggar aturan pembatasan enam mesin untuk satu musim.

Namun Carmelo Ezpeleta (CEO Dorna) nampaknya harus berfikir lagi untuk mencari cara agar Suzuki melanjutkan kiprahnya di MotoGP setelah musim 2011. Dengan adanya rencanya Dorna memberlakukan kembali penggunaan mesin berkapasitas 1000cc, tentu membuat Suzuki harus berhitung ulang mengingat pengembangan mesin baru butuh dana yang tidak sedikit.

Ditengah gonjang-ganjing kelangsungan hidup Suzuki di ajang MotoGP, tersiar pula kabar jika Loris Capirossi bakal meninggalkan team ini. Rider Italia yang selama ini jadi leader pengembangan Suzuki itu kabarnya akan kembali ke Ducati namun di team satelit Pramac Racing.

0 comments: